BERSAMA POLRESTABES BANDUNG, BEA CUKAI SOEKARNO-HATTA SUKSES BONGKAR INDUSTRI 150 KG TEMBAKAU GORILA

BERSAMA POLRESTABES BANDUNG, BEA CUKAI SOEKARNO-HATTA SUKSES BONGKAR INDUSTRI 150 KG TEMBAKAU GORILA

Memasuki akhir tahun 2020, kasus penyalahgunaan narkotika tak kunjung surut. Berbagai modus penyelundupan kerap dilakukan untuk mengedarkan barang haram ini. Namun, Semangat juang para penegak hukum tak pernah padam. 
.
Seperti halnya Bea Cukai Soekarno Hatta bersama Kepolisian Resor Kota Besar (Polrestabes) Bandung yang berhasil menggagalkan upaya penyelundupan dan pengedaran Narkotika sejumlah 152 Kilogram, yang dijelaskan pada Konferensi Pers di Aula Gedung B Kantor Bea Cukai Soekarno-Hatta pada hari Selasa 1 Desember 2020.
.
Konferesi Pers ini dihadiri oleh Kepala Bea Cukai Soekarno-Hatta, Finari Manan, para pimpinan Bareskrim Polri dan Polrestabes Bandung, serta pimpinan dan perwakilan Komunitas Bandar Udara Soekarno-Hatta. Turut hadir Kepala Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Bea Cukai (Kanwil DJBC) Jawa Barat, Saipullah Nasution, dan Kepala Direktorat Kepabeanan Internasional Antar Lembaga, Syarif Hidayat, acara ini diadakan dengan tetap memenuhi protokol kesehatan. 
.
Pengungkapan kasus penyelundupan narkotika ini berawal dari paket yang tiba di gudang Perusahaan Jasa Titipan. Kemudian berdasarkan hasil analisis pencitraan xray, petugas bea cukai melakukan pemeriksaan mendalam terhadap satu paket barang kiriman yang diberitahukan sebagai surfactant. Dari hasil pemeriksaan atas paket barang kiriman yang berasal dari China dengan tujuan Tangerang tersebut, petugas mendapati keseluruhan paket berisi serbuk berwarna putih dengan berat bruto 2.026 gram dan didapati hasil positif merupakan narkotika golongan satu yaitu sintetic cannabinoid atau ganja sintetis dengan jenis MDMB-4en-PINACA. 
.
Atas pengembangan dari kasus tersebut, pada Kamis, 19 November 2020, Bea Cukai Soekarno-Hatta berkoordinasi dengan Polrestabes Bandung dan Kanwil DJBC Jawa Barat untuk melakukan controlled delivery atas paket. Tim gabungan berhasil mencekal 6 oknum milenial pengedar narkotika di daerah Jakarta, Bekasi, dan Bandung yang merupakan jaringan pembuat Tembakau Gorila dengan kemasan siap edar.
.
“Hasil koordinasi dengan Kanwil DJBC Jawa Barat, serta joint program dengan Polrestabes Bandung, berhasil mengungkap jaringan industri produksi tembakau gorila. Dan kasus ini merupakan yang terbesar di tahun 2020,” ujar Finari Manan.
.
Dengan jumlah fantastis, yaitu total sebanyak 150 kilogram tembakau gorila atau tembakau sintetis siap edar yang dibekuk oleh tim gabungan, hal ini tentu dapat merusak masa depan bangsa. Sungguh miris jika harus membayangkan bila peredaran barang haram tidak kita cegah.
.
#beacukaimakinbaik #beacukaisoekarnohatta #bcsoetta #bcsh#konferensipers #narkotika #BCPolri #polrestabesbandung#tembakaugorila #sinergi

Close Menu