EDUKASI KETENTUAN REGISTRASI IMEI MELALUI CUSTOMS INFORMATION DAY

EDUKASI KETENTUAN REGISTRASI IMEI MELALUI CUSTOMS INFORMATION DAY

Bandara Internasional Soekarno-Hatta merupakan pintu gerbang utama Indonesia bagi masuknya berbagai jenis barang yang datang dari luar negeri. Salah satu jenis barang yang cukup menjadi perhatian belakangan ini, yaitu ponsel, laptop dan computer genggam, serta tablet dan perangkat komunikasi elektornik lainnya. Adanya regulasi mengenai ketentuan registrasi IMEI terhadap barang-barang yang dimaksud, marak jadi perbincangan bagi masyarakat yang sering bepergian ke luar negeri.
.
Menanggapai hal tersebut, Bea Cukai Soekarno-Hatta mengadakan sosialisasi yang terbilang cukup unik, yaitu Customs Information Days (CID) yang digelar pada hari Kamis tanggal 3 Desember 2020, dan pelaksanannya berlokasi di Terminal 3 Keberangkatan Internasional Bandara Soekarno-Hatta, dengan cara memberikan sosialisasi secara langsung kepada para penumpang.

CID kali ini mengusung tema sosialisasi “Barang Bawaan Penumpang khususnya Regulasi Membawa Perangkat Komunikasi Elektrkonik”. Dengan melibatkan 6 (enam) agen yang terjun secara langsung, sosialisasi ini memberikan informasi mengenai ketentuan registrasi IMEI atas Handphone (Ponsel), Komputer Genggam (Laptop), dan Tablet baru yang dibawa dari luar negeri. 

Tepat pukul 09.00 WIB Agen CID tiba di Terminal 3 Keberangkatan Internasional untuk melakukan briefing singkat dan dilanjutkan dengan sosialisasi utama. Agen dibagi dalam 2 tim, tim pertama memberikan informasi di sekitar area pintu masuk keberangkatan dan tim kedua berada di ruang tunggu keberangkatan. 

Selama melaksanakan kegiatan, para agen tetap memperhatikan protokol kesehatan. Untuk mengurangi interaksi yang intensif, materi sosialisasi disampaikan dalam bentuk pemberian suvenir kipas tangan yang pada sisi-sisi kipas dicantumkan informasi mengenai tata cara dan ketentuan regitrasi IMEI. 

Perlu diketahui aturan yang menjadi dasar sosialisasi ini yaitu Peraturan Menteri Keuangan nomor 203/PMK.04/2017 tentang Ketentuan Ekspor dan Impor Barang yang Dibawa Penumpang dan Awak Sarana Pengangkut, dan Peraturan Menteri Komunikasi dan Informatika nomor 1 tahun 2020, tentang Pengendalian Alat Dan/Atau Perangkat Telekomunikasi Yang Tersambung Ke Jaringan Bergerak Seluler Melalui Identifikasi International Mobile Equipment Identity.
.
“Saat ini kita harus melakukan berbagai cara agar masyarakat aware mengenai tata cara registrasi IMEI, kegiatan ini tidak hanya memberikan informasi tetapi sekaligus untuk mengingatkan masyarakat jika mereka kembali ke Indonesia membeli HKT dari luar negeri wajib meregistrasikan IMEI-nya,” ujar Lucia Itaning Prasetya, Kepala Seksi Layanan Informasi Bea Cukai Soekarno-Hatta.

Diharapkan dengan adanya CID, bagi para penumpang keberangkatan Internasional yang nantinya akan kembali ke Indonesia dan membawa pulang HKT baru, sudah mengetahui langkah – langkah mengenai ketentuan Registrasi IMEI yang harus dilakukan setibanya di Indonesia.
.
#beacukaimakinbaik #beacukaisoekarnohatta #bcsoetta #bcsh #cid#customsinformationday #IMEI #HKT

Close Menu