EKSPOR BARANG YANG DIBAWA

OLEH PENUMPANG ATAU AWAK SARANA PENGANGKUT

 

Dasar Hukum:

Peraturan Menteri Keuangan Republik Indonesia Nomor 203/PMK.04/2017 tentang Ketentuan Ekspor Dan Impor Barang yang Dibawa oleh Penumpang dan Awak Sarana Pengangkut

Pengertian:

Barang ekspor bawaan Penumpang atau barang ekspor bawaan Awak Sarana Pengangkut diberitahukan kepada Pejabat Bea dan Cukai.

Barang ekspor bawaan Penumpang atau barang ekspor bawaan Awak Sarana Pengangkut terdiri atas:

perhiasan emas, perhiasan mutiara, dan perhiasan bernilai tinggi lainnya yang termasuk dalam kategori jenis barang yang tercantum dalam BAB 71 Buku Tarif Kepabeanan Indonesia;

barang yang akan dibawa kembali ke dalam Daerah Pabean;

uang tunai dan/ atau instrumen pembayaran lain dengan nilai paling sedikit Rpl00.000.000,00 (seratus juta rupiah) atau dengan mata uang asing yang nilainya setara dengan itu; dan/atau

barang ekspor yang dikenakan bea keluar.

Barang ekspor berupa perhiasan emas, perhiasan mutiara, dan perhiasan bernilai tinggi lainnya yang dibawa oleh Penumpang dengan tujuan untuk diperdagangkan, diberitahukan kepada Pejabat Bea dan Cukai dengan menggunakan pemberitahuan ekspor barang (PEB).

Penumpang yang membawa barang ekspor berupa perhiasan emas, perhiasan mutiara, dan perhiasan bernilai tinggi lainnya, wajib menyampaikan:

pemberitahuan ekspor barang;

nota pelayanan ekspor;

cetak tiket; dan

pemberitahuan pembawaan barang ekspor yang telah ditandatangani oleh eksportir, kepada Pejabat Bea dan Cukai yang ditunjuk untuk mengawasi barang yang dibawa oleh Penumpang di terminal ke berangkatan internasional.

Barang ekspor yang dibawa oleh Penumpang berupa barang yang akan dibawa kembali ke dalam Daerah Pabean, diberitahukan dengan menggunakan pemberitahuan pembawaan barang untuk dibawa kembali.

Pemberitahuan dimaskud, disampaikan kepada Pejabat Bea dan Cukai yang ditunjuk untuk mengawasi barang yang dibawa oleh Penumpang di terminal keberangkatan internasional dalam bentuk:

data elektronik atau tulisan di atas formulir.

Pejabat Bea dan Cukai melakukan pemeriksaan fisik barang terhadap barang ekspor yang tercantum dalam pemberitahuan pembawaan barang untuk dibawa kembali.

Barang ekspor yang dibawa oleh Penumpang berupa uang tunai dan/ atau instrumen pembayaran lain dengan nilai paling sedikit Rpl00.000.000,00 (seratus juta rupiah) atau dengan mata uang asing yang nilainya setara dengan itu, wajib diberitahukan dengan menyampaikan pemberitahuan pabean dan mengisi formulir pembawaan uang tunai dan/atau instrumen pembayaran lain

Pemberitahuan tersebut disampaikan kepada Pejabat Bea dan Cukai yang mengawai pemasukan barang yang dibawa oleh penumpang di terminal keberangkatan internasional dalam bentuk data elektronik atau tulisan di atas formulir.

Barang ekspor yang dibawa oleh Penumpang atau Awak Sarana Pengangkut berupa barang ekspor yang dikenakan bea keluar, kewajiban pabeannya diselesaikan sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan mengenai bea keluar.

Link video/brosur ekspor barang penumpang

Silakan hubungi petugas Bea dan Cukai jika Anda memiliki pertanyaan seputar Ekspor Barang yang Dibawa Oleh Penumpang dan Awak Sarana Pengangkut

Contact Center : 1500225

Twitter : @bcsoetta

Facebook : Bea Cukai Soekarno Hatta

Email : pli_sh@customs.go.id

Website : bcsoekarnohatta.beacukai.go.id

Close Menu