Gandeng Disperindag Banten, Bea Cukai Edukasi Ketentuan Ekspor Kepada Pelaku UMKM

Gandeng Disperindag Banten, Bea Cukai Edukasi Ketentuan Ekspor Kepada Pelaku UMKM

(Tangerang, 05/07) Sebagai salah satu bentuk usaha Direktorat Jenderal Bea dan Cukai (DJBC) untuk melanjutkan komitmen mendukung program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN), Bea Cukai Soekarno-Hatta menggandeng Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Banten dan Balai Karantina Pertanian Cilegon, mengadakan sosialisasi terkait dengan Prosedur dan Ketentuan Umum Ekspor kepada para pelaku UKM, pada Senin 28 Juni 2021.
.
Berlokasi di Kawasan Pusat Pemerintahan Provinsi Banten (KP3B), sosialisasi dibuka langsung oleh Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Banten Babar Suharso. Turut hadir sebagai narasumber Kepala Balai Karantina Pertanian Cilegon Arum Kusnila Dewi, Kepala Seksi Pabean dan Cukai III Bea Cukai Soekarno Hatta Yoedha Moehammad H, dan Perwakilan UMKM yang telah melakukan ekspor, Gino.
.
Melalui sambutannya, Babar mengatakan bahwa potensi produk UMKM provinsi Banten sebagian besar merupakan hasil olahan pertanian. Maka dari ini sosialisasi kali ini akan membahas lebih spesifik mengenai prosedur dan ketentuan perizinan dari instansi penerbit aturan yang harus dilengkapi oleh UMKM yang ingin terjun secara mandiri ke dalam dunia ekspor.
.
“Strategi yang diperlukan untuk ekspor produk UMKM, yaitu kenali keunggulan produk sendiri, kemudian memahami perizinan dan persyaratan yang harus dipenuhi. Tertib administrasi, tentunya akan menambah kualitas dan pelaku UMKM dalam menembus pangsa pasar internasional,” ucap Babar.
.
Selanjutnya membahas mengenai ketentuan ekspor, secara rinci Yoedha memaparkan persyaratan dan langkah-langkah yang harus dilakukan oleh calon eksportir. Yoedha pun mengenalkan aplikasi kepabeanan yang digunakan, serta langsung mempraktikkan tata cara pengisian dokumen Pemberitahuan Ekspor Barang (PEB).
.
“Pertama kali, pastikan Anda memiliki NIB Ekspor, setelah itu Anda bisa petugas kami untuk memberikan aplikasi Modul PEB. Di modul itu, pengisiannya mudah, seperti mengisi Google Form, lengkapi isian data. Selanjutnya kami akan mengasistensi proses penyelesaian kewajiban kepabeanannya hingga barang siap diekspor,” tukasnya.
.
Bea Cukai Soekarno Hatta selaku fasilitator perdagangan, akan menjadi jembatan yang kuat bagi pelaku UMKM menuju ranah internasional, serta berkomitmen penuh dalam memberikan dukungan dan asistensi melalui Tim Asistensi Ekspor.
Close Menu