Kartini Masa Kini, Peringatan Hari Kaum Perempuan Penuh Inspirasi

Kartini Masa Kini, Peringatan Hari Kaum Perempuan Penuh Inspirasi

(JAKARTA, 24/04) Sebagai wujud kebanggaan, serta penghormatan terhadap Raden Ajeng Kartini, Bea Cukai Soekarno-Hatta mengadakan Perayaan Hari Kartini 2021 bersama para wanita Komunitas Bandara Soekarno-Hatta (Kombata) dengan tema “Beauty, Brain, and Behavior” pada hari Rabu, 21 April 2021 di Aula Gedung B Bea Cukai Soekarno-Hatta.
.
Kartini adalah salah satu contoh dari keteguhan menggapai impian, sejumlah sosok perempuan memiliki keteguhan yang sama, yang di setiap bidang yang digelutinya terus berjuang mewujudkannya. Semangat yang disuntikkan Kartini ini menjadi penting, mengingat banyaknya penghalang bagi perempuan untuk merealisaskan potensinya dalam mencapai sesuatu atau menjadi pemimpin di bidangnya.
.
Kepala Kantor Bea Cukai Seokarno-Hatta Finari Manan, dalam sambutannya menjelaskan bahwa acara ini merupakan bentuk dari kebebasan yang diperjuangkan oleh Kartini kala itu, di mana para tamu undangan dapat mengekspresikan diri dalam berkreasi tanpa paksaan apapun. Pada kesempatan ini juga Finari memberikan sedikit pandangannya terkait Pengarusutamaan Gender (PUG).
.
“Pengarusutamaan Gender itu bukan berarti mengistimewakan perempuan, akan tapi memberikan kesempatan bagi perempuan untuk berada di level yang sama dengan laki-laki. Setara bukan berarti sama, pada hakikatnya wanita mempunyai kodrat untuk menjalankan tugasnya sebagai istri dari suami maupun ibu bagi anaknya, wanita memang diberikan kesempatan untuk memberikan ide, gagasan, serta pandangan akan tetapi kewajiban sebagai istri dan ibu tetap harus dijalankan,” ucap Finari penuh antusias.
.
Acara yang dikemas secara unik ini, mengundang animo perempuan lintas profesi ini melibatkan partisipasi para tamu undangan dalam penampilan karya seni. Terdapat dua kategori lomba yang akan ditampilkan, yaitu lomba puisi dan pameran mode (fashion show). Pada lomba puisi, kontestan diberikan pilihan puisi yang akan dibacakan saat tampil di panggung. Penilain difokuskan pada penghayatan dan ekspresi kontestan dalam membacakan puisi tersebut. Lalu pada lomba fashion show, kontestan diberikan kebebasan untuk berlagak bak model dengan balutan kebaya yang dikenakan.
.
“Acaranya menarik dan seru banget. Kita para wanita sesama anggota Kombata, jadi bisa saling mengenal, menjalin silaturahmi, berkreasi penuh ekspresi, sekalian refreshing juga buat menghilangkan kepenatan di tengah kesibukan-kesibukan wanita karir,” ucap Raodah salah seorang Kartini, yang merupakan perwakilan pramugari salah satu maskapai penerbangan.
.
Suasana gembira dan senang menjadi memori tersendiri bagi para Kartini yang menghadiri acara. Perjuangan Kartini juga telah tergambar pada hari ini, menjadi potret besar revolusi kesetaraan gender di Indonesia.
Close Menu