Importasi Barang Perwakilan Diplomatik, Bea Cukai Berikan Pelayanan Terbaik

Importasi Barang Perwakilan Diplomatik, Bea Cukai Berikan Pelayanan Terbaik

(TANGERANG, 05/04) Salah satu bentuk asas timbal balik terhadap Perwakilan Negara Asing beserta para pejabatnya yang bertugas di Indonesia, yaitu kemudahan dan fasilitas terhadap Impor Barang Perwakilan Diplomatik. Sehubungan dengan hal tersebut, Bea Cukai Soekarno-Hatta memberikan pelayanan terbaik atas impor barang keperluan kedinasan Kedutaan Besar Amerika Serikat, di Gudang Rush Handling Garuda Indonesia, pada Kamis 29 April 2021.
.
Kepala Kantor Bea Cukai Soekarno-Hatta Finari Manan menjelaskan, Bea Cukai memberikan pelayanan terbaik atas barang perwakilan diplomatik berupa Pembebasan Bea Masuk dan/atau Cukai serta Penyelesaian Kewajiban Pabean atas barang perwakilan diplomatik tersebut, mengacu pada Peraturan Direktur Jenderal Bea dan Cukai Nomor PER-23/BC/2016.
.
Petugas Bea Cukai melakukan pemeriksaan kesesuaian dokumen perizinan fasilitas, serta daftar rincian jenis dan jumlah barang dengan fisik barang kedinasan yang dikemas dalam bentuk Diplomatic Mail yang berisi berkas persuratan administrasi kedinasan, dan Diplomatic Bags yang berisi peralatan keperluan perbaikan gedung dan kantor Perwakilan Negara Asing.
.
Fasilitas atas importasi barang tersebut diberikan atas dasar Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 8 Tahun 1957 tentang Pembebasan Dari Bea Masuk atas Dasar dengan Hubungan Internasional. Dengan demikian, setiap perwakilan negara asing dapat memperoleh fasilitas dengan cara melakukan penyampaian PP 8 melalui situs resmi layanan fasilitas diplomatik Kementerian Luar Negeri. Data tersebut akan ditransfer ke aplikasi Bea Cukai sebagai salah satu dokumen pemberitahuan kepabeanan.
.
“Untuk mendapatkan fasilitas pembebasan tersebut, perwakilan negara asing wajib mendapatkan persetujuan terlebih dahulu dari Kementerian Luar Negeri. Selanjutnya, permohonan secara tertulis bisa diajukan kepada Menteri Keuangan dan diteruskan ke Direktorat Jenderal Bea dan Cukai. Juga dengan melampirkan dokumen daftar rincian jenis dan jumlah barang untuk memudahkan petugas kami dalam melakukan pemeriksaan,” imbuh Finari.
.
Pelayanan prima Bea Cukai Soekarno-Hatta dalam memfasilitasi impor barang perwakilan diplomatik, diapresiasi oleh Perwakilan Kedutaan Besar Amerika Serikat.
Close Menu