MENGOLAH INFORMASI PENGAWASAN ARUS LALU LINTAS BARANG, PESERTA DIKLAT BIN SAMBANGI BEA CUKAI SOEKARNO-HATTA

MENGOLAH INFORMASI PENGAWASAN ARUS LALU LINTAS BARANG, PESERTA DIKLAT BIN SAMBANGI BEA CUKAI SOEKARNO-HATTA

Badan Intelijen Negara, disingkat BIN, adalah lembaga pemerintah nonkementerian yang bertugas melaksanakan tugas pemerintahan di bidang intelijen. Ilmu Intelijen dirancang khusus untuk menemukan cara-cara inovatif untuk membentuk pola pikir yang terstruktur untuk memecahkan masalah dunia nyata yang kompleks. 

.

Kamis 5 November 2020, Bea Cukai Soekarno-Hatta menerima kedatangan 10 siswa Pendidikan dan Latihan dari Badan Intelijen Negara (BIN) yang terkumpul dari beberapa BIN daerah untuk melakukan kunjungan lapangan di Bandara Seokarno-Hatta.

.

Pada Kunjungan kali ini, Kepala Bidang Penindakan dan Penyidikan M. Budi Iswantoro memberikan sambutan bersama dengan Ichlas Maradona. dari Pusat Pendidikan dan Latihan (Pusdiklat) sendiri, Tri Eko Purnomo sebagai penanggung jawab serta beberapa pembina turut mendampingi para siswa.

.

Setelah itu, para siswa diarahkan menuju Gudang Perusahaan Jasa Titipan (PJT) untuk melihat proses kerja pengawasan menggunakan mesin x-ray terhdap barang kiriman. 

.

“Zaman sekarang banyak sekali platfom e-commerce yang memberikan layanan penyediaan barang dari luar negeri, maka dari itu Bea Cukai dituntut untuk dapat mengawasi barang kirman secara intensif” ujar M. Budi Iswantor

.

Para siswa juga diajak untuk melihat Tempat Penimbunan Sementara (TPS) dan meninjau proses pengawasan barang impor dengan memakai x-ray yang lebih besar dibandingkan dengan x-ray yang dipakai untuk pemeriksaan barang kiriman.

.

Intelijen membutuhkan pengetahuan dalam segala aspek, maka dari itu para siswa yang datang diharapkan meyerap ilmu di bidang kepabeanan untuk mempertajam analisa yang bisa diterapkan di lapangan.

Close Menu