Sosialisasi Pembaruan Aplikasi Siap Terbang yang Semakin Berkembang

Sosialisasi Pembaruan Aplikasi Siap Terbang yang Semakin Berkembang

(Tangerang, 05/07) Tingginya kebutuhan akan kemudahan, kecepatan, dan ketepatan layanan kepabeanan pada Bea Cukai Soekarno-Hatta, menjadi pemicu meningkatnya jumlah pengguna baru aplikasi SIAP TERBANG secara signifikan pada tiap bulannya. Menindaklanjuti hal tersebut, Bea Cukai Soekarno-Hatta kembali mengadakan sosialisasi untuk membahas fitur terbaru Aplikasi Siap Terbang disertai tutorial dan praktik penggunaannya, pada hari Kamis 24 Juni 2021.
.
Kepala Kantor Bea Cukai Soekarno-Hatta Finari Manan dalam sambutannya menjelaskan bahwa, aplikasi Siap Terbang adalah aplikasi layanan kepabeanan user-firendly yang dapat digunakan baik pengguna jasa maupun masyarakat di masa pandemi. Aplikasi ini dapat meredam angka kenaikan Covid-19 dikarenakan karakteristiknya yang dapat diakses kapanpun dan di manapun tanpa perlu datang langsung ke Kantor Bea Cukai Soekarno-Hatta.
.
Sosialisasi yang sudah digelar ketiga kalinya ini menghadirkan narasumber Kepala Subbagian Dukungan Teknis Julius Prioyono Agung yang memaparkan secara umum mengenai aplikasi serta fitur yang terus diperbarui, dan staf Seksi Bimbingan Kepatuhan Miftah Bravenda yang memandu tutorial dan praktik dalam menggunakan aplikasinya.
.
“Kami informasikan bahwa ke depannnya Siap Terbang akan dilengkapi dengan fitur chat agar pengguna dapat bertanya langsung kepada admin seputar aplikasi. Selain itu kami tambahkan fitur notifikasi via pesan agar memudahkan pengguna memonitor dokumen kepabeanan yang sedang diajukan, terus melakukan perawatan dalam mengoptimalkan kinerja aplikasi berbasis web,” ucap Julius.
.
Pada sesi materi selanjutnya, Miftah memberikan pengarahan tentang proses untuk registrasi akun bagi pengguna baru, serta tata cara pengajuan berbagai jenis permohonan kepabeanan. Miftah menambahkan bahwa aplikasi Siap Terbang memiliki Kalkulator Pabean yang dapat digunakan untuk menghitung besaran pungutan yang harus dibayar.
.
“Layanan ini (Siap Terbang) akan terus kami kembangkan, menyesuaikan dengan keadaan proses bisnis di lapangan yang sangat dinamis akibat adanya pandemi. Tim kami juga akan menggabungkan aplikasi-aplikasi mandiri yang sudah ada ke dalam Siap Terbang sehingga nantinya semua pelayanan akan menjadi satu pintu,” tutur Finari di akhir acara.
.
Peranan pengguna dalam memberikan masukan ataupun keluhan terkait Aplikasi Siap Terbang diharapkan menjadi acuan bagi tim untuk lebih mengembangkan aplikasi ini agar terus membuat layanan pada Bea Cukai Soekano-Hatta menjadi lebih baik.
Close Menu