TAHUN TELAH BERGANTI, NAMUN PELAYANAN TAK BOLEH BERHENTI

TAHUN TELAH BERGANTI, NAMUN PELAYANAN TAK BOLEH BERHENTI

Malam pergantian tahun biasanya menjadi ajang yang menyenangkan dan untuk dinikmati bersama keluarga dan kerabat. Namun, berbeda halnya dengan petugas Bea Cukai Soekarno-Hatta yang tetap sigap dalam mengawasi dan melayani. Sesuai dengan Pengumuman Nomor Peng-48/KPU.03/2019 tentang Pelayanan dan Pengawasan Impor dan Ekspor pada Hari Libur Nasional Tanggal 01 Januari 2020, Bea Cukai Soekarno-Hatta tetap menjalankan tugas dalam memberikan pelayanan impor dan ekspor serta tetap mengawasi arus lalu lintas barang yang masuk ke Indonesia.

Seperti halnya pada malam menyambut tahun baru 2020, petugas Bea Cukai Soekarno-Hatta bekerja sesuai prosedur, tak terkecuali di salah satu daerah pengawasannya yaitu di Terminal 3 Kedatangan Internasional Bandara Soekarno-Hatta.

Pasca jam menunjukkan pergantian tahun dan tanggal telah melangkah ke hari baru yaitu pada 1 Januari 2020, Petugas Bea Cukai Soekarno-Hatta melakukan tugasnya dengan mengawasi arus masuk barang dari luar negeri yang dibawa oleh penumpang yang telah tiba di Indonesia.

Sigap dalam mengawasi masuknya barang bawaan penumpang yang telah melewati proses penjaluran, terlihat pada kedisiplinan petugas yang tetap siaga memeriksa barang tersebut melalui mesin X-ray, dan melakukan pemeriksaan fisik apabila diperlukan.

Terhadap barang penumpang yang melebihi nilai pembebasan impor yang diberikan sebesar 500 USD, selanjutnya akan diberikan pelayanan dan bantuan terkait administrasi pelaporan serta pengurusan pajak terutang oleh Pejabat Fungsional Peneliti Dokumen Tingkat Terampil, di posko Bea Cukai yang berlokasi tak jauh dari posko pemeriksaan fisik barang.

Selain itu, terhadap barang impor yang masuk melalui mekansime barang kiriman, petugas Bea Cukai Soekarno-Hatta juga tetap memberikan pelayanan terhadap pengurusan dokumen fasilitas Rush Handling, Manifest, dan Pelayanan Ekspor di Gedung B Kantor Bea Cukai Soekarno-Hatta.

Bea Cukai Soekarno-Hatta akan terus memberikan pelayanan dan pengawasan kepada seluruh pengguna jasa dengan optimal, tidak terpengaruh dengan nuansa pergantian tahun yang begitu meriah di berbagai wilayah.

Close Menu